• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Liga Italia Sejarah Hari Ini (27 Agustus): Jual Jaap Stam Ke Lazio, Menyesal Kemudian

Bola

SBOBET
Journalist
Membicarakan penjualan terpenting Manchester United di era Liga Primer Inggris, nama-nama yang muncul mungkin tidak jauh dari David Beckham, Cristiano Ronaldo, dan Paul Pogba. Dilegonya ketiga pemain tersebut menghadirkan cerita menarik yang sulit dilupakan karena dibalut nuansa konflik (Beckham), rekor transfer (Ronaldo), hingga kecerobohan (Pogba).

Namun, dari sekian banyak penjualan yang pernah dilakukan Setan Merah, terdapat satu transfer keluar yang begitu disesali oleh Sir Alex Ferguson, yakni ketika sang manajer legendaris memutuskan untuk menjual Jaap Stam ke Lazio.

Momen tersebut terjadi pada 27 Agustus 2001 atau tepat 14 tahun yang lalu. Ketika itu, penjualan Stam ke Lazio mengejutkan banyak pihak. Betapa tidak, Stam yang saat itu berada di puncak performa dan dinilai sebagai salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki oleh United, ternyata malah dijual.

Stam didatangkan dari PSV Eindhoven pada musim panas 1998 dengan rekor transfer klub senilai £10,75 juta. Di musim itu juga, bek asal Belanda itu berkontribusi besar dalam mengantar United merengkuh treble seiring mereka terus mendominasi tanah Inggris selama tiga tahun ke depan. Ia pun diganjar kontrak baru yang akan membuatnya bakal bertahan di Old Trafford hingga 2006.

Namun, tidak ada yang pasti dalam sepakbola. Tiba-tiba, Ferguson mengaku tidak bisa menolak proposal ketiga dari Lazio senilai £16,5 juta untuk Stam – sebuah keputusan yang kelak akan ia sesali. "Ketika saya memikirkan kekecewaan, tentu saja [penjualan] Jaap Stam masuk dalam salah satu kekecewaan terbesar saya. Saya membuat keputusan keliru ketika itu,” ungkap Ferguson pada 2013.

Kepindahan Stam ke Lazio sangat disesali oleh Ferguson.​

Lebih lanjut, Ferguson menambahkan dalam autobiografinya, "Dengan transfer £16,5 juta, saya tidak bisa menolaknya. Dia sudah berusia 30 tahun. Saya berpikir bahwa kami bisa memainkan Laurent Blanc selama semusim, lantas mempromosikan pemain muda seperti Wes Brown dan John O’Shea. Namun keputusan itu saya ambil terlalu dini.”

Stam sendiri mengakui bahwa ia disuruh Fergie untuk cepat-cepat terbang ke Roma sebagaimana keputusan final terjadi ketika keduanya bercakap-cakap di pom bensin. "Saya sepakat saat itu juga. Sebuah percakapan singkat di dalam mobil saya di pom bensin di Manchester ternyata sudah cukup bagi saya untuk meninggalkan klub yang begitu besar ini,” beber Stam kepada Daily Mail.

Seperti yang diprediksi, kepergian Stam menimbulkan efek negatif dan bahkan langsung terasa di musim 2001/02. United memang berhasil mendatangkan Blanc, namun lini belakang mereka tidak setangguh seperti saat Stam hadir di sana. Red Devils pun harus puas duduk di posisi ketiga sekaligus mengakhiri musim tanpa gelar.

Pada akhirnya, United yang sedang panik terpaksa memecahkan rekor transfer Inggris di musim panas selanjutnya ketika mendatangkan Rio Ferdinand dari Leeds United senilai £29,1 juta sebelum bek muda Inggris itu berproses menjadi palang pintu tangguh bersama Nemanja Vidic beberapa tahun berikutnya.

Walau demikian, hubungan Ferguson dan Stam tetap harmonis seperti yang pernah dijelaskan manajer Skotlandia itu pada 2010. "Jaap dan saya tetap berhubungan baik. Saya sudah berbicara cukup lama kepadanya ketika saya berkunjung di Belanda dan segalanya baik-baik saja,” ungkap Ferguson.

liga italia seri a b, liga italia era digital, liga italia tabla, liga italia terkini, liga italia tvri, liga italia klasemen, Sejarah Hari Ini (27 Agustus): Jual Jaap Stam Ke Lazio, Menyesal Kemudian
 
Top