• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

10 Jenis Minuman yang Indonesia Banget

ON3

Mahasiswa
Journalist
Curah hujan yg cukup tinggi di hampir seluruh wilayah Indonesia seperti akhir-akhir ini paling cocok dilawan dengan berbagai minuman hangat khas Indonesia. Minuman hangat yg manis, sedap & mempunyai berbagai khasiat ini bisa jadi pilihan lezat untuk menghangatkan tubuh.



1. BajigurMinuman hangat dari masyarakat Sunda ini relatif tidak terlalu sulit untuk dibuat, karena bahan-bahannya mudah didapatkan. Bajigur terbuat dari santan & gula aren, lalu ditambahkan sedikit jahe, daun pandan & sedikit garam. Bajigur bisa dengan mudah ditemukan di pedagang keliling yg lengkap membawwa penganan sebagai teman bajigur seperti ubi, pisang, & kacang rebus, ketimus, / getuk & pisang goreng. Minuman hangat yg manis campur gurih ini cocok diminum di saat musim hujan / di malam hari yg dingin.



2. BandrekSatu lagi minuman hangat khas dari masyarakat Sunda & Betawi yg terbuat dari berbagai rempah-rempah adalah Bandrek. Membuat Bandrek tidak semudah bajigur karena dibutuhkan sejumlah bumbu & rempah seperti kayu manis, cengkeh, sereh, gula merah, santan, kapulaga & biji ketumbar. Untuk menambah kenikmatan Bandrek, bisa juga ditambahkan susu kental manis & potongan kelapa muda.



3. Wedang RondeKalau yg satu ini adalah minuman hangat khas Solo & Salatiga. Air rebusan jahe, gula, pandan & serai dihidangkan di dalam gelas. Lalu dihidangkan bersama beberapa butir bola dari ubi / tepung ketan, kacang yg disangrai di dalam gelas. Selain hangat yg didapatkan dari wedangnya, perut juga jadi sedikit terganjal dengan isi wedang ronde ini.



4. SekotengAgak mirip dengan wedang ronde adalah sekoteng. Bahan-bahan pembuat kuahnya pun hampir mirip. Yang membuat berbeda adalah isinya. Minuman asli dari Jawa Tengah ini dihidangkan dengan menambahkan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, potongan kolang-kaling & potongan roti. Tambahkan sedikit susu kental manis untuk memberikan rasa manis. Penjual sekoteng biasanya berkeliling di daerah pemukiman penduduk sambil memikul gerobak & mengetuk gelas dengan sendok untuk mengumumkan kehadirannya.



5. SarabbaDari Makassar juga ada minuman hangat yg dipercaya dapat memulihkan stamina di saat cuaca dingin. Minuman itu bernama Sarabba. Sarabba terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan & merica bubuk. Masyarakat Makassar biasa minum ini untuk mengusir flu, menghangkatkan badan & menyembuhkan masuk angin. Cara pembuatannya yg tidak terlalu sulit membuat Sarabba bisa jadi pilihan cocok di musim penghujan ini.



6. Bir PletokWalaupun minuman ini mengandung kata “Bir”, tapi tidak usah takut untuk menikmatinya, karena Bir Pletok bebas alkohol. Minuman khas masyarakat Betawi ini terbuat dari berbagai rempah yg mempunyai khasiat baik untuk tubuh dari rempah-rempah bahan minuman ini. Salah satu bahan dasar yg digunakan adalah jahe, daun pandan, serai, kapulaga, serai, kayu manis, & merica hitam. Kayu secang juga ditambahkan untuk memberi warna merah pada minuman ini. Bir Pletok juga bisa dihidangkan dingin tanpa menghilangkan khasiat bahan-bahannya.



7. Wedang UwuhMinuman hangat yg satu ini merupakan khas kota Yogyakarta. Kata “uwuh” sendiri berarti sampah dedaunan. Ini disebabkan oleh karena berbagai dedaunan dimasukkan ke dalam gelas hidangan Wedang Uwuh, yg membuatnya tampak berserakan seperti sampah. Meski begitu, dedaunan yg ada di dalam Wedang Uwuh mempunyai khasiat bagus bagi tubuh. Wedang Uwuh terbuat dari air jahe, kayu secang, cengkeh (termasuk bunga, batang & daunnya), kayu manis & daunnya, pala & daun pala, akar & daun serai, serta gula batu / gula merah untuk memberi rasa manis.



8. Teh TaluaDahulu, Teh Talua merupakan minuman para bangsawan Sumatera Barat. Teh Talu adalah segelas teh yg diseduh dengan gula & kuning telur. Kuning telur & gula dikocok dulu di dalam gelas sebelum ditambahkan teh panas. Lalu ditambahkan susu kental manis. Rasa amis dari kuning telur tidak terasa karena ditambahkan juga bubuk vanili. Teh telur dianggap sukses apabila di dalam gelas terdapat tiga tingkat, yaitu warna putih dari susu kental manis, warna coklat muda dari teh & terakhir buih kecoklatan dari telur yg dikocok. Tambahkan pula perasan jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Masyarakat Minangkabau percaya Teh Talua dapat menambah stamina & menyembuhkan berbagai penyakit ringan.



9. Kembang TahuJajanan khas Betawi ini dibuat dari endapan kedelai yg direbus lalu disiram dengan air jahe yg ditambahkan gula aren serta daun pandan. Air jahe yg wangi akan membuat perut terasa hangat & menghilangkan masuk angin. Lalu kembang tahu yg lembut akan membantu pencernaan karena mengandung banyak serat.



10. Wedang SecangTumbuhan secang / sepang adalah tumbuhan yg mudah ditemukan di Indonesia. Kulit kayu secang memiliki fungsi untuk pengobatan, pewarna & sebagai minuman segar. Kulit pohon secang dapat dijemur kemudian ditambahkan ke dalam air mendidih lalu dihidangkan panas-panas. Secang mengandung anti-bakteri & dapat meredakan batuk, gangguan pencernaan & sebagai obat luka.

N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten 10 Jenis Minuman yang Indonesia Banget diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

Sumber

Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. 10 Jenis Minuman yang Indonesia Banget.
 
Top