• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

20 Startup Unicorn Terbesar di Asia INFOGRAFIS

Ophelia

Game Maniacs
Journalist

Jika kamu mengamati ranah startup, kamu pasti familier dengan istilah unicorn. Bagi yg belum tahu, unicorn merupakan istilah yg digunakan untuk menyebut startup bervaluasi lebih dari 1 miliar dolar.

Meski tidak sebanyak di negara-negara barat, startup unicorn di Asia sudah mulai bermunculan. Kawasan ini memang tengah menjadi primadona, dengan pasar besar seperti Cina & India.

Salah satu startup asal China Alibaba menempati piramida teratas perusahaan mobile internet dengan valuasi senilai lebih dari 100 miliar dolar. Alibaba sendiri sudah melakukan IPO pada September 2014. Pada saat itu, valuasi Alibaba sudah mencapai $230 miliar (sekitar Rp3,38 kuadriliun).

Selain karena pasar yg besar, makin banyaknya startup unicorn yg muncul di kawasan ini didorong oleh meningkatnya ekosistem startup, kondisi pasar yg semakin startup-friendly, serta banyaknya investasi yg digelontorkan untuk para startup.

Berbekal data real-time dari CB Insights, kami mencoba membuat infografis 20 startup unicorn terbesar di Asia. Sebagian besar startup unicorn di daftar ini berasal dari Cina. Produsen perangkat Xiaomi memimpin dengan valuasi mencapai $46 miliar (sekitar Rp676,89 triliun).

Asia Tenggara sendiri belum memiliki banyak startup unicorn. Startup unicorn yg bisa dibilang paling bersinar di kawasan ini adalah GrabTaxi dengan valuasi $1,8 miliar (sekitar Rp26,48 triliun).

Baca juga: Bagaimana Menemukan Startup Unicorn Asia Berikutnya

Perlu diingat bahwa daftar unicorn yg ditampilkan CB Insights merupakan startup yg belum melakukan IPO. Data yg kami tampilkan dalam infografis juga telah disesuaikan dengan data terbaru dari sejumlah media. Konten infografis ini dibuat oleh Steven Millward & diilustrasikan secara apik oleh Andre Gunawan.



Kamu bisa melihat data lengkap CB Insights di sini.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

Dikutip dari sini
 
Top