• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

7 Dampak Mengerikan Dari Kurang Tidur

Neos

TK B
Level 2
1. Stroke

Meskipun Anda tidak punya faktor tertentu, seperti obesitas atau sejarah keluarga, risiko stroke dapat meningkat jika Anda kurang tidur, demikian menurut penelitian pada tahun 2012 lalu. Setidaknya orang dewasa yang tidur malam kurang dari enam jam sehari memiliki risiko stroke empat kali lipat lebih tinggi.

2. Obesitas


Penelitian lain juga membuktikan kalau kurang tidur mempengaruhi nafsu dan pola makan seseorang. Hal ini ada kaitannya dengan hormon. Karena jika tubuh tidak cukup beristirahat, hormon yang berhubungan dengan nafsu makan jumlahnya meningkat drastis. Sehingga pola makan yang tidak terkontrol akhirnya memicu obesitas.


3. Diabetes


Sebuah penelitian kecil pada tahun 2012 mengaitkan hubungan antara kurang tidur dan resistansi insulin - faktor risiko dari diabetes.


Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa responden yang kurang tidur memiliki resistansi insulin yang tinggi. Artinya tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin dengan efektif. Sehingga kurang tidur pun membuat risiko diabetes meningkat.


4. Hilang ingatan


Ketika tubuh begitu lelah, biasanya seseorang pun menjadi kurang fokus dan mudah lupa. Jika Anda kurang tidur, ingatan bahkan bisa hilang sepenuhnya.
Penelitian pun menjelaskan kenapa kurang tidur membuat ingatan bisa hilang. Proses penyimpanan memori yang terjadi ketika tidur akan terganggu jika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan istirahatnya setiap hari.





5. Osteoporosis

Dalam jangka panjang, kurang tidur juga mampu meningkatkan risiko osteoporosis. Kepadatan mineral dalam tulang menurun drastis jika seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk, demikian menurut penelitian pada tahun 2012 lalu.
"Selain merusak tulang, kurang tidur akan membuat seseorang gagal memperbaiki kerusakan tersebut menjelang usia senja," papar peneliti saat itu.





6. Kanker
Sebuah penelitian kecil lain pada tahun 2010 membuktikan satu lagi dampak mengerikan dari kurang tidur, yaitu meningkatkan risiko kanker.
Kanker usus besar dan payudara adalah jenis penyakit yang mengancam jika seseorang hanya tidur kurang dari enam jam setiap hari. Jadi sebaiknya perbaiki kualitas tidur untuk menurunkan risiko kedua kanker tersebut.



7. Penyakit jantung


Bukan cuma stroke, kurang tidur pun membahayakan kesehatan jantung seseorang. Sebab tidur terlalu sebentar membuat tubuh memproduksi hormon dan kimia yang mampu memicu penyakit jantung, demikian menurut penelitian pada tahun 2011 silam. Setidaknya, seseorang harus tidur lebih dari enam jam sehari untuk memangkas risiko penyakit jantung


Sumber
 
Top