• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Apa yang terjadi saat karaktermu mati di MMORPG?

Ophelia

Game Maniacs
Journalist
Karakter mati lalu respawn, hal ini benar-benar lumrah dijumpai saat kamu bermain game online, khususnya MMORPG. Untungnya MMORPG tidak sadis dalam memberikan penalty bagi pemain yg karakternya mati dalam game. Setidaknya karakter kalian tak terhapus, / hilang permanent. Paling hanya respawn, & kalian bisa hidup terus.

Walaupun begitu tetap ada beberapa penalty yg diberikan kepada pemain jika mati dalam permainan. Mungkin hal ini cukup biasa dalam keseharianmu di jagad MMO, tapi tetap saja menarik untuk dikulik lebih jauh. Yuk simak tulisannya di bawah ini

Bye bye item

MMORPG pertama yg saya coba adalah Nexia The Kingdoms of the Wind. Game ini bisa dikatakan cukup tega memberikan penalty saat mati. Saat itu saya kaget, karena ada item & equipment yg hilang dari inventory, alias drop dari karakter. Ups, rupanya Nexia adlah salah satu dari MMORPG yg menggunakan sistem drop item/equipment saat mati. Ga tanggung-tanggung, item yg teronggok di tanah itu bahkan bisa dicuri oleh pemain lain.



Untungnya sih sobat gamer, ga teralu banyak MMORPG dengan sistem seperti ini. Cukup melegakan sih. Agak gimana gitu ya kalau ada item yg sudah susah-susah dicari, eh malah drop karena ga sengaja mati. Tapi hal ini jadinya membuat saya lebih berhati-hati sih. Soalnya taruhannya cukup besar kalau mati, hehe.

Exp berkurang

Ini nih yg sangat lumrah sebagai penalty mati di MMORPG. Ada pengurangan terhadap perolehan exp point yg kamu miliki. Biasanya berkisar antara 10 % dari jumlah exp yg dimiliki karakter sebelum mati. Ada yg lebih dari itu, namun ada pula yg tak sampai 10 %. Tergantung MMORPG yg kamu mainkan.



Hal ini ga begitu bermasalah. Setidaknya item & gear tidak terjatuh, hehe. Untuk pemain dengan level awal, exp itu cepat dicari sehingga penalty ) 10% ga gitu ngefek sekali. Tapii, bagi pemain tinggi, pastinya berbeda. Rasanya berkurang 10% saja itu gimana banged, apalagi jika untuk mengumpulkannya saja butuh grinding berjam-jam. eh, tahu-tahu hilangnya cepat dalam sekejap mata doang. Hiks.

Gear rusak, sampai hancur tak terpakai

Sejumlah besar MMORPG kini mengenal sistem durability pada equipment. Peralatan yg kalian pakai & miliki, kini memiliki daya tahan. Nah makin sering digunakan, daya tahannya juga makin berkurang. Tapi jika kalian mati? Daya tahan armor bisa turun cukup signifikan lho. Bahkan ga jarang equipment itu sampai hancur, sehingga ga bisa dipakai hunting-hunting lagi.


Sampe ancur begini hiks

Dream of Mirror Online adalah salah satu MMORPG dengan sistem ini. Jangan heran saat melihat ada karakter Mercenary (salah satu job class dalam DOMO, sering digunakan sebagai tank), yg tengah ngeteam di dungeon, tapi tanpa armor sama sekali. Artinya armor si Mercenary itu sudah rusak, sampai hancur. Mungkin akibat dia mati karena telat di heal si Doctor. Walaupun armor tersebut bisa diperbaiki di kota, namun sayangnya Mercenary tersebut belum bisa kembali untuk repair. Hiks kasihan.



Well gamer kalau dilihat sekilas, penalty-penalti di atas kok cukup ngeri ya. Tapi semoga tidak mematahkan semangat untuk hunting. Pasti jengkel sih, jika mati, exp hilang, drop item pula, & equip hancur. Tapi coba lihat dari sisi lainnya. Setidaknya ga ada permanent death, alias karakter hilang untuk selamanya saat mati. Fyuh! Untunglah.

Tetap semangat! Happy gaming!

Sumber

cheat game online terbaru, cheat game online Apa yang terjadi saat karaktermu mati di MMORPG?, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
 
Top