• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Foto Terakhir Manusia Yang Tersimpan Di Satelit

Neos

TK B
Level 2
Ada sebuah project unik yang sedang digarap oleh Trevor Paglen. Dia menamakannya sebagai The Last Pictures. Disini dia akan memilih 100 foto yang menggambarkan kehidupan manusia, menyimpannya di satelit, kemudian menerbangkannya keluar angkasa.

Tujuan
Milyaran tahun lagi, jika manusia musnah dari muka bumi, satelit tersebut akan tetap mengorbit di luar angkasa. Didalamnya akan tetap tersimpan foto-foto yang menunjukkan bahwa pernah ada manusia hidup di bumi ini. Menjadi bukti bahwa pernah ada kehidupan yang nyata di bumi. Jika milyaran tahun setelah manusia musnah, ada kehidupan baru lagi. Entah itu manusia baru, atau makhluk hidup dari planet lain (alien), dia berharap suatu saat satelitnya ditemukan dan menjadi bukti yang nyata atas eksistensi manusia.

Tantangan
Untuk merealisasi project ini, ada beberapa tantangan yang cukup berat.

Pertama, masalah pemilihan foto. Dari sekian banyak foto kehidupan manusia, mereka harus memilih 100 foto yang mampu menggambarkan kehidupan manusia seutuhnya. Itu bukanlah hal yang mudah. Masalah pemilihan foto ini diserahkan pada Anya Ventura. Dia harus memilih dari 10.000 menjadi 500 hingga ketemu 100 foto terpilih.

Kedua, masalah bahan foto. Akan sangat sulit menemukan bahan foto yang mampu bertahan hingga milyaran tahun. Profesor MIT, Brian Wardle, mengatakan bahwa pergerakan molekul secara perlahan dalam waktu milyaran tahun akan membuat foto kehilangan ketajaman gambar. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan menggunakan material tunggal, yaitu silikon. Foto tersebut akan diukir dengan teknologi nano di silikon, kemudian dilindungi dengan aluminum berlapis emas. Dengan begitu foto tersebut mampu bertahan hingga milyaran tahun.

Ketiga, adalah masalah menerbangkan satelit ke luar angkasa. Paglen sudah menelepon ratusan perusahaan hardware dan tidak ada satupun yang mau bekerja sama dengan dia. Sampai akhirnya Echostar Corporation bersedia untuk membuat satelitnya.

Satelit yang diberi nama EchoStar XVI ini diluncurkan pada 2012 lalu dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan. Berikut beberapa foto The Last Picture:


















Sumber
 
Top