• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Jangan Tidur Sesudah Sahur Gan !!!

Status
Not open for further replies.

AnarchyCox

PAUD
Level 1

Sepekan menjelang Ramadan, ada perasaan resah yang menyelinap dalam batin Sandy Indra Pratama, 29 tahun. Lelaki bertubuh subur ini mengaku hampir selalu pulas tak lama setelah makan sahur tuntas. Ketika terbangun, karyawan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Selatan ini kerap merasa kering dan panas di kerong-kongannya. "Seperti mau keselek," kata Sandy.

Tidur setelah sahur memang jamak dilakukan orang pada bulan puasa. Namun dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, memberi saran sebaiknya hal itu tidak dilakukan. "Karena makanan belum dicerna dan malah bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi," kata dia ketika dihubungi, Jumat lalu.

Jika refluks terjadi, Ari melanjutkan, asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.

Dia punya cara untuk menyiasati kemungkinan terjadinya refluks asam lambung ini. "Dengan cara tidur setengah duduk atau tidur menggunakan bantal yang tinggi," kata Ari.


Namun dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu lebih menyarankan orang yang berpuasa tidak tidur setelah bersantap sahur. "Sebenarnya kan percuma tidur, paling cuma satu jam," katanya. Ideal-nya, ia menambahkan, seseorang boleh tidur dua jam setelah makan. "Tapi masih bisa ditolerir tidur satu jam setelah makan," kata Ari.

Makanan yang sukar dicerna, Ari melanjutkan, adalah makanan yang terlalu berlemak. Keju dan minyak dalam jumlah banyak akan memerlukan waktu dua jam untuk dicerna. Sedangkan nasi dengan sayur berkuah atau telur dan ikan rebus biasanya memerlukan waktu satu jam untuk dicerna.

Agar lambung punya cukup waktu untuk mencerna santapan sahur, peraih Young Clinician Award pada World Congress of Gastroenterology Bangkok 2002 itu menyarankan orang yang berpuasa makan sekitar satu jam sebelum waktu imsak. "Jam 3-an sudah makan makanan padat. Jangan mepet-mepet waktu imsak," katanya.

Barulah mendekati waktu imsak, menu dilanjutkan dalam bentuk camilan, buah-buahan, dan minum air putih. Dengan cara ini, ketika tidur, makanan sahur telah dicerna dan terhindar dari refluks. Seusai salat subuh, jika memang sangat mengantuk, orang yang berpuasa dianjurkan tidur sebelum beraktivitas.


Ari juga menjelaskan bahwa nutrisi yang paling diperlukan manusia secara garis besar adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Untuk santapan sahur, ia sarankan agar makan nasi, kentang, dan ubi sebagai sumber karbohidrat. Untuk protein,daging, ikan, dan telur bisa menjadi pilihan. Lemak dapat diperoleh dari minyak dan daging ayam negeri.

Namun, Ari mengingatkan, orang yang berpuasa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak berlebih saat sahur karena susah dicerna. Demikian pula konsumsi susu. Bagi yang berusia di atas 30 tahun, sebaiknya memilih susu rendah lemak atau bahkan tanpa lemak.

Konsumsi cairan yang dianjurkan Ari adalah jus buah-buahan, seperti mangga atau jeruk, karema menyediakan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. “Tapi jangan pakai gula atau susu,” kata Wakil Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia itu.


sumber :http://anasarema.blogspot.com/2010/08/jangan-tidur-seusai-sahur.html
 

jomblo2bahagia

PAUD
Level 1
iya bro, ane juga dari dulu diajarin sama org tua jgn lgsg tidur
katanya gak baik buat perutnya :)
lagi pula ane emang gak betah abis sahur lgsg tidur :)
 

Rebirthz

1 SMP
Level 2
waduh..... kalo paginya gk sekolah sih gpp... tapi kalo sekolah kalo gk tidur abiz sholat shubuh pasti.. di sekolah tidur :hilarious:
 

mixmax

TK B
Level 1
walaaaa......
pdhl ntr pagi ane rencanax abis sahur mau tidur lagi..
setelah baca tread ini jadi pikir" mu tdur lg abis sahuri...

tapi ngantuk gan kalo ndak dibawa tdur.... :err:
 

ghie

TK B
Level 2
bener gan
kalo tidur lagi pas bangunya malah haus jadi serasa gak saur
ane aja sekarang gak tidur nih pas saur :D
 

sarka

TK A
Level 2
bener kata @gung

wa juga gitu
abis sahur biasanya wa keliling desa sambil lari2 kecil

abis sholat subuh baru wa tidur
 

black890

TK B
Level 2
sebaiknya itu. abis sahur, sholat subuh, trus dzikir trus sampe matahari terbit. baru melakukan aktivitas seperti biasa.
walaupun gw belom bisa kaya yg gw saranin! <_< <_< <_<
 

vivaldiaja

5 SD
Level 2
emank bner kata TS tenggorokan gw sakit :tense: + pait :dizzy: serasa kyk gk sahur pdhl baru makan eh pas bangun perut bunyi laper :err:
 

snekelpuz

5 SD
Level 2
buset dah ...
emang bener nih abis saur jgn tidur dulu
kalo bangun pasti tenggorokan kering
mending tidurnya jam jam 10 pagian aja
kalo gak abis dhuhur

ini aja aku lagi puasa, nanti di kampus ujian bahasa pemrograman
mana di ruang AC dingin banget + bikin kulit kering ni AC
pusing dah ni kepala @_@

sabar2 ... ujian2
 
Status
Not open for further replies.
Top