• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

N3 [Java] SimpleEventDemo

dhy_pw

3 SD
Level 2
Credits: @dhy_pw

Kali ini saya share tutorial pembelajaran "Event Driven Programming" pada bahasa java, sedikit demo dari saya melanjutkan topic sebelumnya yaitu http://n3.vc/t154547

Subtopic nya apa aja kk?
  • Event and Event Source
  • Listener, Registration and Handling Event
  • Inner Classes
  • Windows Event
  • Mouse Event
  • Key Event
  • Listener Interface Adapter
Apa saja sih yang kita dapatkan sehabis belajar ini?

  • Menerapkan konsep pemrograman berorientasi obyek di teknologi java
  • Menunjukkan antarmuka grafis pemrograman teknologi java
Pada thread sebelumnya saya sudah contohkan pembuatan aps yang sudah berbasis GUI, sekarang bagaimana sih caranya agar memberi fungsi seperti button pada aps tersebut, kali ini saya tidak akan memodifikasi aps pada thread sebelumnya, saya akan menunjukan cara simple demonya saja. Untuk kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut bahasa java mungkin kalian bisa menerapkannya langsung.

1. Import Library
Code:
import javax.swing.*;
import java.awt.Event.*;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
2. Membuat Object
Code:
public SimpleEventDemo(){
        //buat dua tombol atau button
        JButton btnOk = new JButton("OK");
        JButton btnCancel = new JButton("Cancel");
       
        JPanel panel = new JPanel();
        panel.add(btnOk); //masukin button OK ke panel
        panel.add(btnCancel); //masukin button cancel ke panel
       
        add(panel); //masukin panel ke frame
       
        //register Listeners
        btnOk.addActionListener(this);
        btnCancel.addActionListener(this);
}
3. Nah disini yang disebut dengan Event Driven Programming, dimana kita akan memata-matai button
Code:
//wajib meng-overide fungsi actionPeformed
    public void actionPerformed(ActionEvent e){
        //tampilkan sumber tombol tersebut pada pesan dialog
        JOptionPane.showMessageDialog(null, "Berasal dari tombol " + e.getActionCommand());
    }

Sekarang tinggal kita gabungkan langkah-langkah tersebut menjadi 1 kerangka...
Full Source Code
Code:
import javax.swing.*;
import java.awt.Event.*;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
public class SimpleEventDemo extends JFrame implements ActionListener{
    public SimpleEventDemo(){
        //buat dua tombol/button
        JButton btnOk = new JButton("OK");
        JButton btnCancel = new JButton("Cancel");
       
        JPanel panel = new JPanel();
        panel.add(btnOk);//masukin button OK ke panel
        panel.add(btnCancel);//masukin button cancel ke panel
       
        add(panel);//masukin panel ke frame
       
        //register Listeners
        btnOk.addActionListener(this);
        btnCancel.addActionListener(this);
    }
    //wajib meng-overide fungsi actionPeformed
    public void actionPerformed(ActionEvent e){
        //tampilkan sumber tombol tersebut pada pesan dialog
        JOptionPane.showMessageDialog(null, "Berasal dari tombol " + e.getActionCommand());
    }
    public static void main(String[] args){
        JFrame frm = new SimpleEventDemo();
        frm.setTitle("Testing");
        frm.setSize(200, 100);
        frm.setLocationRelativeTo(null);//tepat ditengah layar
        frm.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        frm.setVisible(true);
    }
}

Output:
1.JPG

Jika button "OK" diklik, kemudian akan menampilkan dialog box seperti ini

2.JPG

Jika button "Cancel" diklik, kemudian akan menampilkan dialog box seperti ini

3.JPG

Ok, begitulah contoh penerapan Event Driven Programming pada java
Like This Yo
 

LutfiArdiansyah

PAUD
Level 1
Mas kalau ini bisa di jadiin GUI tidak?
dan bisa dipakaikan database kah? kalau bisa pakai database,gimana mas carana?
import java.util.Scanner;
import java.io.*;
public class Test {
public static void main(String[] args){
String loop;
Scanner input=new Scanner (System.in);
Scanner put=new Scanner (System.in);
System.out.println("");
Hitung newHtng=new Hitung();
Daftar2 newDaf2=new Daftar2();
Daftar newDaf=new Daftar();
JenisPelayanan newJP=new JenisPelayanan();
for (loop = "Y"; loop.equals ("Y") || loop.equals ("y");)//sebagai pengulangan sesuai input statement Y/N, akan melakukan pengulangan apabila input yang dimasukkan adalah Y
{
menu1 menu3=new menu1();
menu3.menu2();
int x=input.nextInt();
switch(x)
{
case 1:
newJP.pelayanan();
break;
case 2:
newDaf.JT();
break;
case 3:
newDaf2.diskon();
break;
case 4:
newHtng.jmlh();
break;
case 5:
System.out.println("Terima Kasih Telah Berkunjung! ! !");
System.exit(0);
break;
default:
System.out.println("Pilihan anda salah");
break;
}
System.out.print("Ingin Coba Lagi? (Y/N) : ");//sebagai pertanyaan apakah usr akan melakukan looping ( untuk memesan makanan lagi ) atau tidak
loop = input.next();
}
}
}

class JenisPelayanan{
public void pelayanan(){
System.out.println("1.Daftar Jenis Pelayanan");
System.out.println("");
System.out.println("1.Pelayanan Umum : Rp.20.000,-");
System.out.println("2.Pelayanan Spesialis : Rp.60.000,-");
}
}

class Daftar{
public void JT(){
System.out.println("2.Daftar Jenis Test");
System.out.println("");
System.out.println("1.Test Darah : Rp.250.000,-");
System.out.println("2.Test Urine : Rp.100.000,-");
}
}

class Daftar2{
public void diskon(){
System.out.println("3.Daftar Diskon");
System.out.println("");
System.out.println("10% : < Rp.2.000.000,-");
System.out.println("5% : > Rp.1.000.000.,- dan < Rp.2.000.000,-");
System.out.println("0% : < Rp.1.000.000,-");

}
}

import java.util.Scanner;
import java.io.*;
class Hitung{
public void jmlh(){
Scanner input=new Scanner (System.in);
Scanner put=new Scanner (System.in);
String loop,pilihMenu = "";
String nama = " ";
double jepe=0,jete=0;
double tot=0;
double dis=0,hakhir=0,akhir=0;
System.out.println("4.Hitung Biaya");
System.out.println("");
System.out.println("Tampilan Input:");
System.out.print("Nama Pasien : ");
nama=put.nextLine();
System.out.print("Jenis Pelayanan [1/2]: ");
int pil1=input.nextInt();
System.out.print("Jenis Test [1/2]: ");
int pil2=input.nextInt();
System.out.print("Biaya Obat : ");
int obt=input.nextInt();
System.out.println("");
System.out.println("Tampilan Output : ");
System.out.print("Nama Pasien : ");
System.out.println(nama);
System.out.print("Jumlah Biaya : ");
if(pil1 == 1)
jepe = 20000;
else
jepe = 60000;
if(pil2 == 1)
jete = 250000;
else
jete = 100000;
tot=(jepe+jete+obt);
if (tot > 2000000)
dis=tot*(0.1);
else if(tot > 1000000)
dis=tot*(0.5);
else
dis=tot*0;
hakhir=tot-dis;
System.out.println(+hakhir);
}
}
 
Top