Dear all...
Topik ini dibuat guna membahas bagaimana cara membuat game sederhana dengan menggunakan program macromedia flash. Mungkin teman-teman sudah tahu cara membuat game, namun saya ingin membahas dengan menggunakan program macromedia flash. Jika ada teman-teman yang mengerti tentang topik ini, mohon bantuannya ya... :lol:
Kita akan mencoba membuat game sederhana dengan usaha kita sendiri. Semoga topik ini bisa membantu teman-teman yang ingin membuat game sendiri. Yuk kita mulai...
Program yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah Macromedia Flash MX 2004 atau Flash 5.0.
Sebab keunggulan program tersebut adalah :
- Sistem vektor, sehingga cocok untuk semua resolusi gambar layar.
- Waktu loading sangat cepat.
- Mampu menganimasikan grafis, walaupun dalam ukuran besar.
- Mudah diintergrasikan dengan program lain.
- Ditunjang dengan Action Script yang kita manfaatkan sebagai pembuatan game.
Sekarang kita belajar membuat karakter terlebih dahulu. Belajar dengan pelan-pelan dan dari awal, supaya nanti teman-teman lebih cepat memahami :lol: .
A. Jenis Game
1. Side Scrolling Game, seperti game Ghost Online, Super Mario Bross, yang tampilan karakter menghadap ke samping
2. Shooting Game, seperti Counter Strike
3. RPG (Role Play Game), Game yang menjalani misi tertentu,Contohnya Final Fantasy
4. RTS (Real Time Strategy), seperti Red Alert dan Dune 2000
5. Simulation, game simulasi keadaan nyata, seperti Sim City
6. Racing, seperti Need For Speed
7. Fighting, seperti Tekken
Nah, game yang akan kita buat nanti adalah tipe Side Scrolling Game, Racing, Shooting, dan Fighting.
B. Karakter
Dalam game tentu ada karakter utama maupun karakter pendamping. Saya tidak terlalu membahas banyak tentang karakter, sebab karakter ditentukan dengan selera anda masing-masing. Saya hanya akan menjelaskan mengenai pembuatan karakter. Format karakter adalah Free Hand, Toon Boom Studio, Auto CAD, PNG, BMP, JPEG, WMF, dan GIF.
1. Membuat Karakter dengan Drawing Tool
- Buka Program macromedia flash MX anda
- Setelah anda membuka, anda akan melihat sebuah media berupa kotak putih yang disebut Stage
- Tentukan karakter yang akan dibuat misalnya gambar pesawat
- Gambarlah dengan menggunakan Drawing Tool
- Seleksi semua gambar kemudian konversi menjadi simbol dengan cara : Insert > Convert to Symbol.
- Akan muncul sebuah toolbox baru
- Masukkan nama gambar, misalnya pesawat pada Name, dan pilih Movieclip pada Behavior
- Klik Ok, selamat anda telah membuat karakter.
2. Membuat Karakter dengan Mengimpor Gambar
- Klik menu File > Import to Library...
- Pilih file gambar anda lalu klik OK
- File yang diimpor sekarang ada di Library. Untuk menampilkannya (apabila panel Library tidak muncul) adalah dengan mengklik menu Window > Library atau F11.
- Drag nama file di Library, lalu klik menu Insert > Convert to Symbol
- Muncul Toolbox baru
- Masukkan nama gambar, lalu pilih Movieclip pada Behavior
- Klik OK, selamat anda telah membuat karakter.
Saya menekankan semua karakter di konversi ke bentuk simbol guna nanti mempermudah dan memperjelas karakter yang digunakan. Jika anda tidak mengonversi ke bentuk simbol, nantinya akan lebih repot.
C. Suara
Suara di game terbagi menjadi dua yakni Suara Efek (Sound Effect) dan Suara Latar (BGM). Formatnya adalah MP3 dan Wav. Tanpa suara, sebuah game bisa menjadi membosankan.
1. Cara Mengimpor Suara
- Klik Menu File > Import to Library
- Pilih file suara dan Klik OK
- File suara akan masuk ke Library
D. Gerakan-Gerakan Objek dalam Game
Untuk menggerakkan Objek dengan action script :
- Buatlah objek lingkaran dengan radial fill dari merah (#FFFFFF) ke putih (#FF00000).
- Hapus outline lingkaran dengan mengklik outline/stroke lingkaran, lalu tekan Delete.
- Konversi objek menjadi simbol
- Buka panel action script dengan menekan F9. Apabila panel action masih berada mode Normal, klik ikon pada bagian kanan panel dan pilih Expert Mode.
- Ketikkan action script berikut :
onClipEvent (enterframe) {
_x+=5; // perubahan koordinat sumbu x
_y+=5; // perubahan koordinat sumbu y
}
- Jalankan movie dengan menggunakan tombol ctrl-enter.
- Bola akan bergerak secara diagonal.
E. Menggerakkan Objek dengan Keyboard
Key.isDown (Key. TOMBOL)
Kita akan belajar menggerakkan karakter dengan menggunakan tombol anak panah pada keyboard anda. Langkah-langkahnya adalah :
- Buatlah objek misalnya pesawat
- Konversi objek menjadi simbol
- Buka panel Action dan ketikkan script berikut :
onClipEvent (enterframe) {
If (Key.isDown(Key.UP) {
_y+=5;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN) {
_y-=5;
}
if (Key.isDown(Key.LEFT) {
_x-=5;
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT) {
_x+=5;
}
}
- jalankan Movie
Sekarang anda sudah memahami Karakter.
Pada pekan mendatang saya akan menerangkan cara membuat game Side Scrolling Game.
Sekian dan terima kasih. Salam dari Draide.
Topik ini dibuat guna membahas bagaimana cara membuat game sederhana dengan menggunakan program macromedia flash. Mungkin teman-teman sudah tahu cara membuat game, namun saya ingin membahas dengan menggunakan program macromedia flash. Jika ada teman-teman yang mengerti tentang topik ini, mohon bantuannya ya... :lol:
Kita akan mencoba membuat game sederhana dengan usaha kita sendiri. Semoga topik ini bisa membantu teman-teman yang ingin membuat game sendiri. Yuk kita mulai...
Program yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah Macromedia Flash MX 2004 atau Flash 5.0.
Sebab keunggulan program tersebut adalah :
- Sistem vektor, sehingga cocok untuk semua resolusi gambar layar.
- Waktu loading sangat cepat.
- Mampu menganimasikan grafis, walaupun dalam ukuran besar.
- Mudah diintergrasikan dengan program lain.
- Ditunjang dengan Action Script yang kita manfaatkan sebagai pembuatan game.
Sekarang kita belajar membuat karakter terlebih dahulu. Belajar dengan pelan-pelan dan dari awal, supaya nanti teman-teman lebih cepat memahami :lol: .
A. Jenis Game
1. Side Scrolling Game, seperti game Ghost Online, Super Mario Bross, yang tampilan karakter menghadap ke samping
2. Shooting Game, seperti Counter Strike
3. RPG (Role Play Game), Game yang menjalani misi tertentu,Contohnya Final Fantasy
4. RTS (Real Time Strategy), seperti Red Alert dan Dune 2000
5. Simulation, game simulasi keadaan nyata, seperti Sim City
6. Racing, seperti Need For Speed
7. Fighting, seperti Tekken
Nah, game yang akan kita buat nanti adalah tipe Side Scrolling Game, Racing, Shooting, dan Fighting.
B. Karakter
Dalam game tentu ada karakter utama maupun karakter pendamping. Saya tidak terlalu membahas banyak tentang karakter, sebab karakter ditentukan dengan selera anda masing-masing. Saya hanya akan menjelaskan mengenai pembuatan karakter. Format karakter adalah Free Hand, Toon Boom Studio, Auto CAD, PNG, BMP, JPEG, WMF, dan GIF.
1. Membuat Karakter dengan Drawing Tool
- Buka Program macromedia flash MX anda
- Setelah anda membuka, anda akan melihat sebuah media berupa kotak putih yang disebut Stage
- Tentukan karakter yang akan dibuat misalnya gambar pesawat
- Gambarlah dengan menggunakan Drawing Tool
- Seleksi semua gambar kemudian konversi menjadi simbol dengan cara : Insert > Convert to Symbol.
- Akan muncul sebuah toolbox baru
- Masukkan nama gambar, misalnya pesawat pada Name, dan pilih Movieclip pada Behavior
- Klik Ok, selamat anda telah membuat karakter.
2. Membuat Karakter dengan Mengimpor Gambar
- Klik menu File > Import to Library...
- Pilih file gambar anda lalu klik OK
- File yang diimpor sekarang ada di Library. Untuk menampilkannya (apabila panel Library tidak muncul) adalah dengan mengklik menu Window > Library atau F11.
- Drag nama file di Library, lalu klik menu Insert > Convert to Symbol
- Muncul Toolbox baru
- Masukkan nama gambar, lalu pilih Movieclip pada Behavior
- Klik OK, selamat anda telah membuat karakter.
Saya menekankan semua karakter di konversi ke bentuk simbol guna nanti mempermudah dan memperjelas karakter yang digunakan. Jika anda tidak mengonversi ke bentuk simbol, nantinya akan lebih repot.
C. Suara
Suara di game terbagi menjadi dua yakni Suara Efek (Sound Effect) dan Suara Latar (BGM). Formatnya adalah MP3 dan Wav. Tanpa suara, sebuah game bisa menjadi membosankan.
1. Cara Mengimpor Suara
- Klik Menu File > Import to Library
- Pilih file suara dan Klik OK
- File suara akan masuk ke Library
D. Gerakan-Gerakan Objek dalam Game
Untuk menggerakkan Objek dengan action script :
- Buatlah objek lingkaran dengan radial fill dari merah (#FFFFFF) ke putih (#FF00000).
- Hapus outline lingkaran dengan mengklik outline/stroke lingkaran, lalu tekan Delete.
- Konversi objek menjadi simbol
- Buka panel action script dengan menekan F9. Apabila panel action masih berada mode Normal, klik ikon pada bagian kanan panel dan pilih Expert Mode.
- Ketikkan action script berikut :
onClipEvent (enterframe) {
_x+=5; // perubahan koordinat sumbu x
_y+=5; // perubahan koordinat sumbu y
}
- Jalankan movie dengan menggunakan tombol ctrl-enter.
- Bola akan bergerak secara diagonal.
E. Menggerakkan Objek dengan Keyboard
Key.isDown (Key. TOMBOL)
Kita akan belajar menggerakkan karakter dengan menggunakan tombol anak panah pada keyboard anda. Langkah-langkahnya adalah :
- Buatlah objek misalnya pesawat
- Konversi objek menjadi simbol
- Buka panel Action dan ketikkan script berikut :
onClipEvent (enterframe) {
If (Key.isDown(Key.UP) {
_y+=5;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN) {
_y-=5;
}
if (Key.isDown(Key.LEFT) {
_x-=5;
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT) {
_x+=5;
}
}
- jalankan Movie
Sekarang anda sudah memahami Karakter.
Pada pekan mendatang saya akan menerangkan cara membuat game Side Scrolling Game.
Sekian dan terima kasih. Salam dari Draide.