• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Mengintip Peluang dan Tantangan di Industri Game Mobile Indonesia

ON3

Mahasiswa
Journalist
Yo N3 Mania! Selamat membaca Mengintip Peluang dan Tantangan di Industri Game Mobile Indonesia.


Pasar yg cukup besar & potensial ternyata juga sebanding dengan tantangan yg harus dihadapi industri game mobile Indonesia. Apa saja? Andy Zain dari Mimopay memaparkannya dalam China-Indonesia Mobile Game Conference 2015.
China-Indonesia Mobile Game Conference Resmi Digelar, Siap Jadi Jembatan untuk Berkolaborasi!Baca Juga
Tidak bisa dipungkiri, bahwa Indonesia memiliki populasi masyarakat yg sangat banyak dengan lebih dari 255 juta penduduk. Bahkan, dengan jumlah sebesar itu, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia.Dilihat dari kacamata peluang, tentu ini adalah potensi pasar yg sangat besar bagi industri game mobile. Dan tentu tidak ketinggalan juga, ada banyak tantangan yg harus dihadapi sebelum bisa masuk & “menguasai” pasar ini.

Nah, di China-Indonesia Mobile Game Conference yg berlangsung hari Rabu, 26 Agustus 2015 ini, Andy Zain yg merupakan Executive Director dari Mimopay memaparkan peluang & tantangan di industri game mobile ini. Berdasarkan data-data yg dirangkum, dengan jumlah penduduk yg lebih dari 255 juta ini, ternyata jumlah pengguna telepon genggam di Indonesia lebih banyak, mencapai 308 juta / sekitar 121% dari total populasi. Angka tersebut juga didukung dengan hobi masyarakat Indonesia yg lebih suka mengakses internet melalui ponsel mereka daripada melalui desktop.





Dari jumlah tersebut, penggunaan smartphone didominasi dengan media sosial dengan 16%, disusul dengan 11% menonton video, & hanya 10% saja digunakan untuk gaming. Bahkan, pengguna Facebook di Indonesia sangat besar, mencapai 70 juta lebih & menempati peringkat ketiga negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Berbanding lurus dengan Facebook, pengguna Twitter di Indonesia juga menempati peringkat ketiga terbanyak di dunia dengan total pengguna lebih dari 30 juta.



Namun sayang, pesatnya pertumbuhan dari sisi kuantitas tersebut tidak dibarengi dengan sisi kualitas jaringan internet yg cukup lambat. Andy menunjukkan data yg diambil dari Huawei Global Connectivity Index, dimana kualitas jaringan internet di Indonesia hanya menempati peringkat ke 41 (dari yg terendah 50) di dunia. Selain itu, penetrasi kartu kredit juga sangat rendah, antara 3-4% dari total pemilik rekening bank. Padahal, kartu kredit merupakan salah satu cara pembayaran yg efektif untuk konten-konten dalam game mobile.

Andy pun menggarisbawahi tiga tantangan utama yg harus dihadapi. Pertama, Indonesia merupakan pasar yg dioptimasi untuk ekosistem mobile. Kedua, karena kualitas infrastruktur yg kurang baik, maka konten dalam game harus disiapkan secara khusus, contohnya file yg kurang dari 20 MB untuk mempermudah penetrasinya kepada user. Ketiga,Indonesia perlu sebuah sistem pembayaran yg mudah & efektif untuk mendukung ekosistem ini, tanpa menggunakan kartu kredit maupun transfer bank.



Tantangan-tantangan tersebutlah yg harus dihadapi para pelaku industri game mobile Indonesia untuk merebut pasar, karena peluang pasar Indonesia akan sangat besar dalam beberapa tahun mendatang. Andy memberikan beberapa data prediksi, salah satunya adalah Indonesia diprediksikan bakal masuk ke dalam lima besar ekonomi dunia. Selain itu, penetrasi smartphone dalam tiga tahun mendatang akan mencapai angka lebih dari 100 juta, yg artinya bakal menjadi negara keempat dengan penetrasi terbesar setelah China, Amerika Serikat & India.



Selain memperkenalkan Mimopay, Andy mengakhiri presentasinya dengan memberikan tiga alasan mengapa Indonesia merupakan pasar yg paling menarik untuk konten digital. Pertama, Indonesia memiliki potensi bakal menjadi pasar ketiga terbesar di Asia, & juga akan menjadi pasar pengguna Android terbesar keempat di dunia. Kedua, masih banyak ruang berkembang untuk penetrasi smartphone, karena sampai saat ini penetrasi di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya. Terakhir, pengguna Indonesia mudah & cepat untuk beradaptasi terhadap sebuah produk lifestyle digital baru.

var td_screen_width = document.body.clientWidth; if ( td_screen_width >= 1140 ) { /* large monitors */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 1019 && td_screen_width < 1140 ) { /* landscape tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 768 && td_screen_width < 1019 ) { /* portrait tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width < 768 ) { /* Phones */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); }

N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Mengintip Peluang dan Tantangan di Industri Game Mobile Indonesia diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

Sumber

Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Mengintip Peluang dan Tantangan di Industri Game Mobile Indonesia.
 
Top