• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Penemu LTE adalah orang INDONESIA / Jaringan 4G

McozFuerte

1 SMP
Level 2
LTE memang telah pakai d Eropa tapi hanya sedikit yang tahu siapa penemu LTE itu.
Dialah Prof. Dr. Khoirul Anwar. Dilihat dari namanya, yup benar orang Indonesia. Beliau yang menemukan dan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

[background=white]3GPP Long Term Evolution[background=white] atau yang biasa disingkat LTE[background=white] adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan [background=white]GSM[background=white]/[background=white]EDGE[background=white] dan [background=white]UMTS[background=white]/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan [background=white]2G[background=white] dan [background=white]3G[background=white], sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali dibuka oleh perusahaan [background=white]TeliaSonera[background=white] di [background=white]Stockholm[background=white] dan [background=white]Oslo[background=white] pada tanggal 14 desember 2009.

Khoirul Anwar adalah alumni Teknik Elektro ITB dengan cumlaude di tahun 2000, kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor di tahun 2008. Beliau juga penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006, di California.



Prof. Dr. Khoirul Anwar​


Penemuan teknologi 4G berbasis OFDM diawalinya dengan “ide nyeleneh” mengurangi daya transmisi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Penurunan daya dilakukan hingga 5dB saja (100.000 = 10 pangkat 5 kali lebih kecil dari teknologi sebelumnya) dan hasilnya kecepatan transmisi meningkat.

Pada paten keduanya, Khorul Anwar kembali membuat dunia kagum, kali ini adalah menghapus sama sekali guard interval/GI, tentu saja ini malah membuat frekuensi yang berbeda akan bertabrakan, alih-alih menambah kecepatan. Namun, anak Indonesia asli asal Kediri ini mengkompensasi resiko tersebut dengan mengembangkan algoritma khusus di laboratorium, hasilnya interferensi tersebut dapat diatasi dengan unjuk kerja yang sama seperti sistem biasa dengan adanya GI.

Asisten Professor di JAIST ini masih terus mengasah kemampuannya. Meski berprestasi cemerlang di Jepang, Khorul Anwar menyimpan keinginan untuk kembali ke Indonesia jika telah menjadi salah satu tokoh terkemuka di bidang telekomunikasi.

Aneh ya bees, yang menemukan orang indonesia tapi jaringan 4G belum nyampe ketempat saya atau mungkin belum ada diindonesia..haduhhhhh

Moga aja secepatnya teknologi LTE(4G) sudah ada diindonesia ,yaaahh semoga saja ...
berikut biografi Prof. Dr. Khoirul Anwar bisadicek di wikipedia
http://id.wikipedia.org/wiki/Khoirul_Anwar

Sumber

Kapan 4G LTE Bergulir di Indonesia?


VIVAnews - Teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) dipandang sebagai solusi untuk menyediakan akses data atau Internet yang lebih cepat.

Namun, penduduk Indonesia masih perlu bersabar untuk mencicipi teknologi Internet nirkabel generasi keempat ini, sebab lisensi teknologi 4G LTE belum diterbitkan oleh pemerintah.

Lalu, kapan regulasinya terbit?

Menurut Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, regulasi mengenai penerapan teknologi 4G LTE di Indonesia baru akan diselesaikan pada akhir 2013.

"Pak Menteri (Tifatul Sembiring) pernah mengatakan, paling cepat regulasi untuk 4G LTE selesai akhir 2013. Tapi, itu paling cepat ya," kata Gatot, di Jakarta, 29 November 2013.

Dia menambahkan, sebenarnya teknologi 4G LTE telah berjalan di frekuensi 2.300 Mhz dan memiliki izin penyelenggaraan. Artinya, jaringan 4G LTE di 2.300 Mhz sudah bisa dikomersialisasikan.

"Teknologi 4G LTE di frekuensi 2.300 Mhz sudah menerapkan teknologi netral, atau bisa diterjemahkan sebuah operator tertentu bisa menggunakan 4G LTE. Jadi, tidak hanya berjalan di frekuensi tertentu," ujar Gatot.

Sementara itu, sejumlah operator telekomunikasi juga menyatakan siap menerapkan teknologi 4G LTE di Indonesia. Tapi, regulasi untuk 4G LTE di Indonesia belum menemukan titik cerah.

Manjot Mann, Presiden Direktur Tri Indonesia mengatakan Tri (3) telah siap menggelar 4G LTE. "Kami sudah siap menyiapkan infrastruktur peranti keras untuk jaringan 4G LTE di Indonesia," kata Manjot, beberapa waktu lalu.

Begitu pun XL Axiata, yang menyatakan kesiapannya untuk menggelar jaringan 4G LTE kepada para pengguna.

"XL sebenarnya sudah siap untuk menggelar teknologi 4G LTE. Kami memiliki fasilitas yang memadai untuk dipakai pada jaringan LTE," kata Henry Wijayanto, Manager Public Relation XL.

Kedua operator itu juga mengatakan bahwa penggunaan 4G LTE di dunia banyak yang menggunakan spektrum 1.800 Mhz. Jadi, sebaiknya di Indonesia juga menggunakan spektrum 1.800 Mhz untuk penerapan teknologi 4G LTE. (art)

Sumber

#Yang penemu teknologi sinyal 4GLTE Orang Indonesia
Tapi kok negara lain udah pake
Suram Negeri Ku T_T
:nangis:
 
Last edited by a moderator:

McozFuerte

1 SMP
Level 2
Iyaaa nih gan?kapan ya kita bisa menikmati 4G LTE gak sabar
semua orang pasti pengen cicipi koneksi 4G
menurut sumber nya(viva.co.id) koneksi 4g kelar nya akhir tahun 2013(palingcepet) smoga aja pada akhir tahun itu sudah dapat digunakan koneksi 3G
Menurut Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, regulasi mengenai penerapan teknologi 4G LTE di Indonesia baru akan diselesaikan pada akhir 2013.

"Pak Menteri (Tifatul Sembiring) pernah mengatakan, paling cepat regulasi untuk 4G LTE selesai akhir 2013. Tapi, itu paling cepat ya," kata Gatot, di Jakarta, 29 November 2013.
 
Top