• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Tips Menyelamatkan Diri Jika Badai Matahari Terjadi

Status
Not open for further replies.

peegas

6 SD
Level 2
Tips Menyelamatkan Diri Jika Badai Matahari Terjadi


Puncak siklus magnetis 22 tahun dan 11 tahun siklus bintik matahari akan terjadi pada 2013. Lalu bagaimana cara menyelamatkan diri dari badai ini?

Ilmuwan NASA telah memperingatkan fenomena badai matahari yang mengakibatkan perubahan cuaca luar angkasa ini dapat berdampak bagi bumi.

"Kita tahu bahwa ini akan segera datang namun kita tidak tahu seberapa buruk hal tersebut berlangsung," ujar Dr Richard Fisher, direktur divisi Heliophysics dari NASA, kepada Daily Telegraph.

Meskipun pihak berwenang mengatahui kejadian ini semakin dekat, namun tidak dapat ditebak seberapa serius masalah tersebut. Berikut tips untuk menjaga diri dan keluarga selama badai geomagnetis yang dikutip dari Wired.



1. Beli sangkar Faraday

Sangkar Faraday adalah sebuah lampiran materi yang menghalangi bidang listrik statis eksternal. Jika konduktor cukup tebal namun lubang lebih kecil dibandingkan panjang gelombang radiasi elektromagnetik yang masuk, maka radiasi tidak akan mampu melewatinya.



Bentuk sangkar itu menjadi alasan mengapa telepon tidak bekerja di dalam beberapa bangunan dan lift, mengapa gelombang mikro tidak melukai, dan mengapa satu potongan timah di kantung atau tas dapat terdeteksi RFID.


2. Simpan uang Anda di bawah kasur

Sebagian besar bank modern dijalankan dengan sistem elektronik. Uang Anda sebenarnya dicatat di datatabe komputer dan berlokasi di berbagai wilayah. Jika bencana hanya terbatas pada area tertentu, maka tidak menyebabkan banyak masalah.



Namun, kebijakan tersebut tidak dapat dilakukan jika berlangsung secara global. Jika database terganggu karena percikan magnetis matahari, maka begitu pula dengan uang Anda. Maka lebih aman untuk menyimpan uang Anda untuk sementara, bukan di database.


3. Miliki generator

Medan Daya di Eropa Utara, khususnya Inggris sebenarnya cukup rentan. Gelombang magnetis dengan mudah dapat mengalahkan listrik yang dibangun di seluruh dunia.



Badai 1989, diperkirakan kurang kuat dibandingkan peristiwa yang akan terjadi nanti, dan diperkirakan akan merusak jaringan listrik Hydro-Quebec sehingga menyebabkan satelit lepas kendali dan menghentikan semua bentuk perdagangan di bursa Toronto.


4. Jangan beribur



Pergi jauh dari rumah tanpa sumber energi lebih berisiko dibandingkan berada di rumah. Bagian dalam pesawat pada dasarnya adalah sebuah sangkar Faraday, tempat penyimpanan medan magnet yang akan menyebabkan kerusakan di dalam sistem navigasi pesawat. Oleh karena itu, sulit atau mustahil bagi pesawat untuk melakukan penerbangan.


5. Jangan berpergian



Kerusakan benda elektronik akan terjadi kapanpun tanpa pemberitahuan, sehingga berisiko bila pergi ke suatu tempat dengan kendaraan saat lampu lalu lintas tidak dapat digunakan, ataupun lampu jalan tidak berfungsi.


6. Perhatikan sekitar



Badai elektronik yang besar akan menciptakan aorora yang luar biasa. Dan ini tidak hanya terlihat di kutub. Selama badai 1989, aurora borealis juga terlihat di daerah selatan dan aurora yang terjadi pada 1859 dianggap paling spektakuler sepanjang sejarah.


Sumber: Badai Matahari
 

dejiezz

SD
Level 2
iya gan,tp saya berharap semoga Badai Matahari itu tidak akan pernah terjadi :)
warn +1 untuk anda karena melakukan postingan tidak berguna atau junk
silahkan tekan tombol + untuk menghargai thread daripada anda comment yg tidak berguna
happy holiday ^_^
 

peegas

6 SD
Level 2
@^

sebenarnya sih boleh aja disimpan dimanapun selain kasur...

tapi jangan disimpan di Bank, karena Bank dunia akan mengalami gangguan terhadap database penyimpanan nya pada waktu badai matahari datang, yang juga berefek kepada uang tabungan yang kita simpan di dalam Bank tersebut.

ini hanya upaya berjaga-jaga saja koq :)

para peneliti pun belum tahu seberapa besar nanti kerusakan yang akan terjadi :)

mungkin hanya panas matahari yang menyengat saja.... atau mungkin....

CMIIW
 
Status
Not open for further replies.
Top