• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Waspadai Efek Samping 'candu' Mmorpg

Status
Not open for further replies.

VayneLeingod

2 SD
Level 2
DI tengah pertumbuhan pesat industri MMORPG (massively multiplayer online role-playing game), penjahat cyber tidak ingin tertinggal memanfaatkan momentum. Karena itu, worm bernama Taterf pun muncul.

Microsoft Corp memaparkan, Taterf menyebar untuk mencuri informasi dari para pemain MMORPG. Tidak hanya worm, pertumbuhan MMORPG juga memicu efek samping yang lain. Penelitian Profesor Syracuse University, Amerika Serikat, Joshua Smyth mengungkap, kehadiran MMORPG berisiko besar mengganggu keseimbangan hidup manusia. Pemain kini menghabiskan waktu semakin banyak untuk MMORPG. Penyebabnya, MMORPG mutakhir mampu menyajikan interaktivitas lebih baik dan alur kisah lebih menantang.

Akibatnya, pemain MMORPG menjadi semakin jarang tidur karena kecanduan game.

"Interaktivitas adalah daya tarik utama MMORPG. Pada saat ini, pemain MMORPG menjadi semakin jarang tidur, sehingga kehidupan terganggu, akibat peningkatan kualitas permainan dan interaksi MMORPG mutakhir," tutur Smyth.

Game seperti MMORPG memang hanya permainan.Namun jika seseorang sudah kecanduan game, dampak serius bisa muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh,di Korea Selatan ada orang tua yang tega membiarkan bayi mereka yang masih berusia tiga bulan kelaparan karena terlalu sibuk bermain MMORPG.

Masih di Korea Selatan, seorang remaja pria berusia 15 tahun tega menyerang ibu kandungnya hanya karena ibu tersebut mengingatkan remaja itu untuk tidak terlalu lama bermain MMORPG. Pemerintah Korea Selatan memperkirakan, pada saat ini ada sekitar dua juta penduduk Korea Selatan yang kecanduan MMORPG. Padahal, populasi total Korea Selatan hanya 49 juta orang. Karena itu, pemerintah Korea Selatan menganggap serius masalah kecanduan MMORPG. Untuk menanggulangi masalah tersebut, pemerintah Korea Selatan memerintahkan para operator MMORPG pada malam hari,agar pemain bisa istirahat.

"Tiga dari sepuluh orang dewasa di Korea Selatan kecanduan game. Di samping itu, sekitar 26 persen remaja juga kecanduan game. Di Korea Selatan, anak-anak pun mulai bermain gamepada kelas empat atau lima sekolah dasar," papar Presiden Korea Computer Life Institute Eo Gee-jun,kepada The Korea Times

Di Korea Selatan, masalah kecanduan MMORPG sudah menjatuhkan korban jiwa.Pada Februari 2010, seorang pemuda berusia 22 tahun tega membunuh ibu kandungnya karena diperingatkan agar tidak terlalu banyak bermain MMORPG.Pemuda itu membayar permainan MMORPG dengan kartu kredit ibunya.

American Medical Association (AMA) memperingatkan, orang yang kecanduan game sesungguhnya mengalami gangguan mental. AMA menilai, game membawa ancaman sangat besar apabila dimainkan secara berlebihan. AMA mengungkapkan, game memiliki kaitan erat dengan gangguan kejiwaan berupa peningkatan agresivitas serta perilaku brutal.Lebih gawat lagi, game bahkan dinilai berisiko memicu gejalagejala epilepsi
Hmm.. Silahkan Di Simak..
Dan Coba Prediksi Diri Sendiri Yak..~~
Bagi Yang Kecanduan Game MMORPG..

Jujur TS Sendiri Pernah Ngerasain Contoh Game : RF..~~

Sumber
 

albatronas

1 SD
Level 2
Hahaha aku setuju. Aku pun dulu pernah ngalamin. Bahkan jarang banget pulang ke rumah cuman di net terus. :hilarious:
 

rhiram

PAUD
Level 1
sepertinya di indo juga harus di terapkan penggulangan seperti yang di ungkapkan di atas, operator MMORPG harus melihat kepentingan penggemar gamenya. dan tidak mesti online selama 24 jam, ya mau gimana lagi.. namanya juga bisnis.. operator MMORPG pasti g mau ketinggalan dan tidak mau tanggung resiko kerugian jika server mereka harus OFF pada waktu tertentu..
 

spiurman

PAUD
Level 1
hahaha gw jg perna ngalamin gan sama2 korban RF nih kita keknya hahaha :yahoo: :hilarious: :hilarious: :hilarious:
 

o2ie

1 SMP
Level 2
MMORPG emang susah banget gan di ilangin

soalnya ntu game.. gk akan mati + bosen kita maeninnya kecuali server nya mati sendiri :D

gw juga udah sering bahkan kecaduan dulu game RF - Online

sebaiknya yg belom kenal game MMORPG jangan di kenalin deh.. bahaya

maen game biasa aja... yang cepet bosennya...

untungnya gw bisa sadar dari kecanduan RF - Online tsb :D

saran dari gw.. yah jangan buang" waktu maen game doank

pikirin masa depan... game hanya untuk selingan saja
 

westayone

TK B
Level 1
Semua ada masanya bro,..

nanti kalo dah dewasa juga berhenti sendiri, [dewasa tidaksamadengan tua]

cuman yang sering adalah Penyesalan selalu datang belakang,....

untung ane dah bosen maen RF,... hehehhe

[piss]
 

sakaux

TK A
Level 1
MMORPG emang susah banget gan di ilangin

soalnya ntu game.. gk akan mati + bosen kita maeninnya kecuali server nya mati sendiri :D

gw juga udah sering bahkan kecaduan dulu game RF - Online

sebaiknya yg belom kenal game MMORPG jangan di kenalin deh.. bahaya

maen game biasa aja... yang cepet bosennya...

untungnya gw bisa sadar dari kecanduan RF - Online tsb :D

saran dari gw.. yah jangan buang" waktu maen game doank

pikirin masa depan... game hanya untuk selingan saja
lebih parah FPS kali
masa pada maen PB gila2an w maen paling lama 12jam dari jam 06.00pagi-18.00sore <<<udh kagak gitu lagi w. bosen bau ruangan :D apalagi yg pada GB bah bisa ?x24jem blom keyboard yg sering di pake bekas org bah sumber penyakit org suka ngupil truss megang2 keyboard sama mouse abis itu kita garuk2 ke mulut deh .....(/\_/\)
gw maen RF tapi untungnya gw gg punya duit banyak jadi maen Rf dolo pas jaman aspd doang pas aspd ilang gg maen capek leveling
buat gamers yg suka mmorpg/FPs mending maen game yg ringan2 aja sesuain kantong lo ya :D
 

yustar10

2 SMP
Level 2
menambahkan aja dah

Margaretha Soleman, M.Si, Psi menuliskan dampak buruk secara sosial, psikis, dan fisik dari kecanduan bermain game online dan cara-cara penyembuhannya.

SECARA SOSIAL:
Hubungan dengan teman, keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang.
Pergaulan kita hanya di game on line saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata.
Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain.
Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

SECARA PSIKIS:
Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. Kita jadi sulit konsentrasi terhadap studi, pekerjaan, sering bolos atau menghindari pekerjaan.
Membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita.
Melakukan apa pun demi bisa bermain game, seperti berbohong, mencuri uang, dll.
Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan komputer membuat kita jadi tertutup, sulit mengekspresikan diri ketika berada di lingkungan nyata.

SECARA fISIK:
Terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak
Kesehatan jantung menurun akibat bergadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum, lupa makan karena keasyikan main.
Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga
Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga. Yang paling parah adalah dapat mengakibatkan kematian.

Cara menyembuhkan para pecandu game online.

Unsur yang paling penting adalah niat, kebulatan tekad dan kontrol diri untuk dapat terlepas dari kecanduan game online dan kembali menata kehidupan yang terganggu akibat kecanduan itu.
Setelah ada niat, kita pun perlu mengakui bahwa kita tidak berdaya melawan keingian untuk bermain dan mengakui bahwa hidup kita jadi tidak terarah dan tidak teratur akibat game online itu.
Berdoa, minta pertolongan dan kekuatan ***** untuk dapat lepas dari kecanduan ini.
Buatlah daftar alasan mengapa ingin menghentikan kecanduan game on-line. Kita dapat bertanya ke keluarga atau teman dekat untuk membantu kita melengkapi daftar itu. Tempelkan daftar ini di tempat yang mudah dilihat oleh kita untuk membantu menguatkan komitmen kita.
Buatlah rencana kapan kita mau berhenti sepenuhnya. Kontrol diri sangat penting dalam hal ini. Kurangi secara bertahap frekuensi bermain game online.
Tuliskan keuntungan yang dirasakan selama mengurangi dan membatasi bermain game online. Ketika kita kembali bermain tanpa mengenal batas waktu setelah kita berhasil berhenti bermain, bukan berarti rencana kita gagal. Hal itu wajar terjadi. Yang terpenting adalah kita belajar dari pengalaman kita agar hal itu tidak terjadi lagi.

Sumber : Bahana

di copy paste dari = www.forumbebas.com/thread-26588.html
 

hyperaby

6 SD
Level 2
Pendek kata... Apapun yang berlebihan pun gak baik..

gw masuh ngalamin tapi masih dalem bates Suka MMORPG (dan MMOFPS, dan Sisanya),
dan nggak Kecanduan...
lagipula kecanduan / nggaknya orang kan tergantung gimana dia bisa ngendaliin diri,
kalo orangnya dari awal udah Social Outlaw mah, yaudah gak bisa ditolong lagi...
Lagipula Game Elektronik Dapat Membunuh Sel Otak Dan Menghambat Reproduksi...

Tapi.. Selama bisa dikontrol / Dibatesin i think that's not a big deal at all...
 

Ninja_Boy

2 SD
Banned
wah wah
gw juga dulu kecanduan bener neh, rf terutama
sampe2 kuliah banyak bolos, duit dihambur2kan buat beli pocer dan equip
untung gw udah tobat rf :yahoo:
 

black890

TK B
Level 2
wow. gw pernah tuh kecanduan. ampe ga pulang2 kerumah selama 3 kali lebaran(wew, bang toyib). untung udah sadaran dikit!
btw korea selatan harus niru korea utara dong. setau gw korea utara kaga ada internetnya! wuahahah! suram, tapi maju!
 

oeban

Belum Sekolah
Level 1
gw jg pernah gila game..

ampir sama ma yang di atas... RF...

tapi bosen gara2 kebanyakan yang cheat........

ada bagusnya juga buat sekarang...
 

divide

PAUD
Level 1
untung.. untung.. untung..
skarang uda ga segila dlu gw maen game online
hahaha..

buat ortu, tolong dikontol tu anaknya :yipi:
tapi skrang gw malah beralih ke game yg lain :lol: tapi ga kecanduan
 

kirigakure

2 SD
Banned
RF-Online pernah buat idup gw ancur 3 thn lalu..wkwkwk..emang parah tuh game..jaman2 masih SMA dlo gw bisa pulang sekolah jam 2 malem bela2in maen game gituan --a
 

wijaya

2 SD
Level 2
ckckck,,kalo gw mah sekarang udah gak kecanduan game doank,,tapi semua yg berbau uang juga(loh?jadi oot gw)..

gw gara2 maen RO dari SD,,gw sekarang nyesel bngd gak bisa masuk kuliah di negeri...swasta deh jadinya,,mahal gila..

kalo diubah dari SMA/Kuliah,telat,,kalo mao dari SD,,yah internetan aja cukuplah,buat cari2 info internasional maupun nasional..

lah kalo game,,buat apa,,
 

symply

4 SD
Level 2
haha
sama disini

pa lagi waktu jamannya RO + Seal masih pake vocer
dah keluar duit banyak , jarang ke rumah
tiap pulang sekolah langsung ke warnet

tapi untungnya sejak kelas 2 SMK dah tobat berselancar di game OL khususnya MMORPG
 

volcadotz

PAUD
Level 1
emang yang berlebihan itu ga baik ya.. trus biar kita ga kecanduan mmorpg gmn dong..? soalny klo dah maen pasti candu bgt :groan:
 

albatronas

1 SD
Level 2
caranya biar ga kecanduan ya maen game MMORPG dengan cara ngeBOT. hahaha... ditinggal tidur aja char kita udah maen game ndiri. ^_^
 

sarka

TK A
Level 2
gw malah pernah 2 hari 2 malem cuma di net maen game RYL ooh my gosh....

sukur skarang wa udah jarang maen mmorpg...

tapi kadang kadang wa juga masih maen cuma ga separah doloo
 

black890

TK B
Level 2
menurut pengalaman gw, cara yg paling ampuh agar tidak mw kecanduan adalah kaga usah bergaul ke net. loh?
karena net adalah sumber pertemanan. abis berteman gara2 main sesuatu game yg sama, trus keasyikan. trus karna kebiasaaan jadi gitu. gw pernah 2 minggu berturut2 bolos trus(tapi sekarang udah tobat)
LOL

jadi yg udah kecanduan, caranya adalah niat dolo. abis itu, kerjain kerjaan yg lain(agar pikirannya kaga game molo). misalnya, manjat2 pohon kek, main ama tikus got, ngelemparin rumah orang pake batu bata dan yg lain2 yang menurut lo asyik dilakuin. hahaha semoga membantu! and jgn lupa yg terakhir, pikirin masa depan bro! kalo main game trus, mw jadi apa?(maaf kalau ada yg tersinggung dengan perkataan gw)
 
Status
Not open for further replies.
Top