Hi all... Senang bisa mampir... walo masi pinjem id, but i'm cool ... ^^;
Kali ini, aku mo share tentang logic Always Pangya.. Karena sudah sering keluar di trainer, aku mo share temuanku bareng Eirynee dulu tentang always pangya. Percaya nggak percaya, sistem yg dipake always pangya season 2 ini (bahkan sampai v3.13a) masih sama dengan sistem yg dipake sejak sebelum season 2 (dulu nemuin di v2.10)... Jadi ini temuan 'jadul' yg masi bisa dipake... ^^;
Always pangya ini pernah aku share dulu di forum level 2 (nyit-nyit edisi warna gelap [?]), waktu masi sering 'menyapa' kk CyberX... Hopefully, he's still remember me....
Pemikiran utk share hal ini karena beberapa hal :
Aight then, let's start !
^_^
Disclaimer:
Tutorial ini ditujukan untuk bahan belajar dan diskusi. Penyalahgunaan tutor ini diluar tanggung jawab saya sebagai pembuatnya... Harap bijak dalam penggunaannya...
KONSEP DASAR SISTEM SLIDER BAR
Kalo berbicara tentang cheat always pangya, kita tidak bisa lepas dari sistem Slider Bar, yaitu tempat dimana kita menentukan besar power dan kualitas pukulan kita (bad, miss, normal, atau pangya). Biar kita sama sepakat dengan istilah yg akan kita pakai dalam tutorial ini, mari perhatikan gambar berikut :
Peringatan :
Definisi istilah-istilah:
Now, let's move on...
Target tutor ini adalah Pangya Season 2 ver 3.13a.
Untuk keperluan tutor ini, 'perlengkapan perang' yg aku bawa dan gunakan :
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
Screen Shot diambil pada saat awal free practice... Disini, dan pada gambar" berikutnya, aku sertakan tabel yg menunjukkan value" penting yg nanti akan dipakai untuk cheat always pangya. Dan untuk keperluan penghematan tempat, aku lakukan edit seperlunya untuk menyatukan window pangya dengan window tabel itu, menggunakan photoshop.
Bisa dilihat, pada gambar itu, address-address yg menjadi fokus kita (seperti terdapat pada tabel disebelah kanan), yg meliputi :
Harap pula diketahui, address-address diatas (yg menjadi fokus perhatian kita) adalah DMA..
Sekilas DMA...
Value diatas adalah value default ketika char kita 'idle' (diam) sebelum melakukan pemukulan... Dan tipe value yg dipakai adalah float 4 bytes...
Sekilas Float Number...
Logicnya begini :
Jadi kita bisa katakan bahwa nilai minimal slider bar adalah 105,00.
Kenapa ada 2 value slider ?
Kesimpulanku sementara adalah : Value Slider #1 adalah sebagai lokomotif sementara value Slider #2 adalah sebagai gerbong... Kita akan bahas ini nanti di gambar berikutnya, ok ?
Hal selanjutnya, aku melakukan 'sight-seeing' dengan fitur memory editor dari artmoney, untuk melihat-lihat value" yg ada disekitar dua value slider itu, dan menemukan 'teman-teman penting'-nya. Dan jadilah tabel seperti pada gambar itu...
Perhatikan address mereka (yg dalam highlight coklat muda)... Address mereka berdekatan, bukan ?
So, adalah sebuah kebiasaan yg sangat bagus, didalam game-hacking, untuk selalu melihat-lihat 'lingkungan/tetangga' address yg kamu temukan. Karena bisa jadi (bahkan sangat sering), sebuah sistem data disimpan dalam memory yg berdekatan...
Ok... Harap temen" memahami konsep dasar slider bar ini dulu sebelum kita lanjutkan, supaya pada pembahasan berikutnya kita bisa memahaminya dengan lebih baik... ^^
Catatan:
Terus terang, aku cukup kaget, ketika mengetahui bahwa kedua value slider pada posisi idle adalah 105,00...
Itu adalah value yg sama dengan Pangya versi 2.10 (sebelum season 2) !.. Rentang waktu selama ini, dan tanpa perubahan ? ^^;
...
Sekarang kita sudah mengetahui address" penting dalam sistem slider beserta value" standardnya pada saat char kita idle, yang dengan data-data tersebut kita bisa menyimpulkan :
- Value Posisi minimal Slider Bar = 105,00
- Value Posisi Pangya Impact, di tanah yg benar-benar datar = 140,00
Kita masih perlu menyelidiki 2 hal :
- Berapakah value posisi maksimal slider bar ?
- bagaimana dinamika pergerakan Posisi Pangya Impact ?
Posisi Pangya Impact adalah value yg paling penting, yg merupakan kunci untuk always pangya nantinya... ;>
...
Sekarang kita akan mencari tahu, berapa value posisi maksimal slider bar...
Untuk itu, perhatikan gambar berikut :
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
Dengan menggunakan power caliper, aku menggesernya sampai batas paling kanan dalam slider bar. Dan, didapatkan bahwa: Cliper Position = 500,00 (lihat tabel)...
Berarti bisa disimpulkan bahwa: Value maksimal posisi slider = 500,00
Cukup simple, khan ? ^^
Bagaimanapun, jangan rancu dg contoh gambar. Value yg disimpan pada memory tidak sama dengan value yg terlihat dilayar. Kedua jenis value ini diproses dengan cara berbeda untuk tujuan yg berbeda pula, walaupun ada hubungan yg sangat erat diantara keduanya...
...
Sekarang mari kita selidiki bagaimana dinamika posisi Pangya Impact, perhatikan 2 gambar berikut :
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
( phew... dibutuhkan sampai 6x shoot untuk mem-parkir bola di tanah yg miring... ^^; )
Pada kedua gambar diatas, tampak jelas bahwa:
Pada akhirnya... Gabungan akhir dari kesimpulan kita:
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
Selanjutnya,di pembahasan berikutnya, kita akan menyelidiki dinamika value" penting kita, pada saat char kita melakukan pukulan... Ini akan sangat menarik !
C u there !..
Kali ini, aku mo share tentang logic Always Pangya.. Karena sudah sering keluar di trainer, aku mo share temuanku bareng Eirynee dulu tentang always pangya. Percaya nggak percaya, sistem yg dipake always pangya season 2 ini (bahkan sampai v3.13a) masih sama dengan sistem yg dipake sejak sebelum season 2 (dulu nemuin di v2.10)... Jadi ini temuan 'jadul' yg masi bisa dipake... ^^;
Always pangya ini pernah aku share dulu di forum level 2 (nyit-nyit edisi warna gelap [?]), waktu masi sering 'menyapa' kk CyberX... Hopefully, he's still remember me....
Pemikiran utk share hal ini karena beberapa hal :
- Always pangya yg beredar sepertinya masih ngambil dari forum luar GZP, yg aku sendiri belum me-research logic-nya... ^^;
- Rasa kangen buat bikin tutor di nyit-nyit... (Knapa tutor di nyit-nyit makin dikit ya ?...)
- IMHO, lebih baik kita share logic suatu sistem cheat dalam game kepada temen" nyiters (tentunya TETAP dengan pertimbangan yg bijak ttg apakah boleh di launch ato tidak, demi menjaga komunitas game itu sendiri), supaya budaya apa yg disebut 'leeching' bisa berkurang... it's not good for our comunity..
Aight then, let's start !
^_^
Disclaimer:
Tutorial ini ditujukan untuk bahan belajar dan diskusi. Penyalahgunaan tutor ini diluar tanggung jawab saya sebagai pembuatnya... Harap bijak dalam penggunaannya...
KONSEP DASAR SISTEM SLIDER BAR
Kalo berbicara tentang cheat always pangya, kita tidak bisa lepas dari sistem Slider Bar, yaitu tempat dimana kita menentukan besar power dan kualitas pukulan kita (bad, miss, normal, atau pangya). Biar kita sama sepakat dengan istilah yg akan kita pakai dalam tutorial ini, mari perhatikan gambar berikut :
Peringatan :
http://anonym.to/?http://./?imageshack.usKarena suatu sebab, tampaknya imageshack tempat aku store gambar" yg akan dipakai di tutorial ini tidak terlalu kompatibel dengan sistem auto-rescalling image dari forum nyit-nyit. Kalo temen" menjumpai bahwa gambar" dalam tutorial ini mengalami reduksi ukuran, maka klik TAB HITAM diatas gambar yg bersangkutan dan JANGAN klik pada gambarnya, untuk melihat gambar dalam ukuran yg sesungguhnya...
Gambar dalam ukuran sesungguhnya sangat penting dalam tutorial ini untuk memberi pemahaman yg lebih......
Thanks atas perhatiannya...
Definisi istilah-istilah:
Dan karena lingkup bicara kita adalah tentang pukulan pangya, berarti kita tidak akan membicarakan sistem slider bar ketika berada di wilayah green (putt mode)...Slider Bar :
bisa dikatakan sebagai rel bagi Slider
Slider :
mahluk kecil abu-abu yg bergerak bolak-balik kekanan dan kekiri sepanjang slider bar, yg berfungsi untuk menguji reaksi timing pemain pangya dalam menentukan besar power dan impact pukulan.
Pangya Impact :
garis putih kecil yg menunjukkan tempat dimana impact pukulan yg sempurna berada. Jika pemain melakukan impact pukulan pada garis ini, maka pemain berhasil melakukan pukulan pangya.
Besar Power :
bisa disebut sebagai 'ting pertama' yg dilakukan pemain, yg menentukan berapa besar power pukulan yg akan dilakukan
Impact Pukulan :
bisa disebut sebagai 'ting kedua' yg dilakukan pemain, yg akan menentukan apakah sebuah pukulan pangya, biasa, atau bad/miss
Now, let's move on...
Target tutor ini adalah Pangya Season 2 ver 3.13a.
Untuk keperluan tutor ini, 'perlengkapan perang' yg aku bawa dan gunakan :
- Jamilah versi DOS, by Ganis Wardhana - untuk menembus hackshield
- MHS Demo #24, by L.Spiro - untuk memory scanning n table-ing
- Cheat Engine 5.3, by DarkByte - untuk disassembling n debugging
- Wind switch off - untuk kemudahan keperluan parkir di tanah miring
- Power caliper switch on - penggunaan power kaliper berkaitan dalam sistem slider bar
- Level req. elimination - biar cecil tampil cantik, aku terpaksa menurunkan syarat level untuk item Anemone Dress, Anemone Sandals, dan Aqua Orang Sun Glasses supaya bisa di equip. (yup, kita tidak perlu melakukan itu satu-satu kalo kita menaikkan level jadi Master A... Tapi, aku lebih suka cara ini dan tetap memandang charku sebagai Beginner C...)
- Sementara untuk Always Pangya dan/atau GM Mode tidak aku pakai karena kebutuhan impact entry...
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
Screen Shot diambil pada saat awal free practice... Disini, dan pada gambar" berikutnya, aku sertakan tabel yg menunjukkan value" penting yg nanti akan dipakai untuk cheat always pangya. Dan untuk keperluan penghematan tempat, aku lakukan edit seperlunya untuk menyatukan window pangya dengan window tabel itu, menggunakan photoshop.
Bisa dilihat, pada gambar itu, address-address yg menjadi fokus kita (seperti terdapat pada tabel disebelah kanan), yg meliputi :
Harap diingat istilah-istilah diatas... Istilah itu tidak baku, karena itu hanya caraku menyebutnya... Tapi, mari kita sepakati istilah itu untuk sepanjang tutorial ini... Dan sorry sebelumnya, istilah "Cliper" seharusnya "Caliper". Ada kesalahan ketik terjadi disini... Tapi biarkan kita pake "cliper" saja, ok ? ^^;Power Entry Position : Alamat tempat disimpan besarnya power yg telah kita lakukan
Impact Entry Position : Alamat tempat disimpan ketepatan kualitas pukulan yg telah kita lakukan terhadap bola
Slider #1 Position : Alamat tempat disimpan posisi slider #1 pada slider bar
Slider #2 Position : Alamat tempat disimpan posisi slider #2 pada slider bar
Pangya Impact Position : Alamat tempat disimpan parameter ketepatan pukulan untuk bisa menghasilkan pukulan pangya.
Cliper Position : Alamat tempat disimpan besarnya pembatas power yg akan kita lakukan
Harap pula diketahui, address-address diatas (yg menjadi fokus perhatian kita) adalah DMA..
Sekilas DMA...
Jika diperhatikan lebih dekat, kita bisa melihat value untuk masing address sebagai berikut :Dynamic Memory Allocation, suatu metode yg menempatkan data-data sedemikian sehingga alamat untuk data yg sama dapat berubah-ubah setiap saat, sesuai dengan aliran jalannya program... Kalimat mudah untuk DMA : Kamu tidak bisa menyimpan address" itu kedalam tabel (dengan cara biasa), dengan harapan agar besok tabel address kamu masih bisa dipakai... However, ini bisa diatasi dengan menyimpan pointer-pointer ke tiap address DMA. But that's another story that we won't cover here...
Code:
Power Entry Position = 140
Impact Entry Position = 140
Slider Position #1 = 105
Slider Position #2 = 105
Pangya Impact Position = 140
Cliper Position = 140
Sekilas Float Number...
Kemudian, bagaimana aku menemukan value" dan address" itu ?Float Number adalah tipe bilangan pecah. Berbeda dari type integer yg merupakan bilangan bulat... Seiring perkembangan kompleksitas sebuah game, bilangan tipe float menjadi semakin banyak digunakan. Hal ini karena, bilangan tipe float mempunyai 'kedalaman' yg tidak mungkin dimiliki oleh bilangan tipe integer, yg membuatnya lebih luwes untuk memberi nilai suatu data.
Contoh yg paling nyata adalah koordinat game 3D...
L.Spiro, si pembuat tool MHS yg aku pakai dalam tutor ini dan juga seorang game developer, menjamin bahwa setiap game 3D yg melibatkan objek-objek 3d PASTI menggunakan bilangan tipe float untuk menentukan koordinat X,Y,Z nya...
So, please, i beg you... Waspadalah terhadap bilangan float ... Waspadalah ! ^^;
Logicnya begini :
- Slider akan bergerak ketika kita menekan klik-kiri mouse atau spasi...
- Setiap yg bergerak, pasti mengandung perubahan...
- dan perubahan itu pasti ada nilai/value nya ...
- dan karena slider bergerak dengan dipengaruhi banyak sekali atribut (yg disebut CTR), maka aku memutuskan value posisi slider kemungkinan besar adalah bilangan float....
- Jalankan pangya, jamilah, artmoney (pada waktu itu MHS blom ada), dan speedhack. Butuh speedhack karena si Slider bergerak terlalu cepat sebelum artmoney sempat menyelesaikan filtering... >.<
- pada posisi idle, ketika slider diam ~ search awal adalah unknown value (aku tidak tau berapa valuenya)
- ketika spasi ditekan, slider bergerak ke-kanan (sangat pelan... berkat speed hack) ~ search increase value
- ketika slider hampir mencapai max ~ search increase value
- ketika slider bergerak hampir mencapai posisi awal ~ search decrease value
- ketika slider sampai pada posisi awal lagi ~ search decrease value
- ... proses filtering diulang-ulang sampai mendapatkan address dari value posisi slider ...
Jadi kita bisa katakan bahwa nilai minimal slider bar adalah 105,00.
Kenapa ada 2 value slider ?
Kesimpulanku sementara adalah : Value Slider #1 adalah sebagai lokomotif sementara value Slider #2 adalah sebagai gerbong... Kita akan bahas ini nanti di gambar berikutnya, ok ?
Hal selanjutnya, aku melakukan 'sight-seeing' dengan fitur memory editor dari artmoney, untuk melihat-lihat value" yg ada disekitar dua value slider itu, dan menemukan 'teman-teman penting'-nya. Dan jadilah tabel seperti pada gambar itu...
Perhatikan address mereka (yg dalam highlight coklat muda)... Address mereka berdekatan, bukan ?
So, adalah sebuah kebiasaan yg sangat bagus, didalam game-hacking, untuk selalu melihat-lihat 'lingkungan/tetangga' address yg kamu temukan. Karena bisa jadi (bahkan sangat sering), sebuah sistem data disimpan dalam memory yg berdekatan...
Ok... Harap temen" memahami konsep dasar slider bar ini dulu sebelum kita lanjutkan, supaya pada pembahasan berikutnya kita bisa memahaminya dengan lebih baik... ^^
Catatan:
Terus terang, aku cukup kaget, ketika mengetahui bahwa kedua value slider pada posisi idle adalah 105,00...
Itu adalah value yg sama dengan Pangya versi 2.10 (sebelum season 2) !.. Rentang waktu selama ini, dan tanpa perubahan ? ^^;
...
Sekarang kita sudah mengetahui address" penting dalam sistem slider beserta value" standardnya pada saat char kita idle, yang dengan data-data tersebut kita bisa menyimpulkan :
- Value Posisi minimal Slider Bar = 105,00
- Value Posisi Pangya Impact, di tanah yg benar-benar datar = 140,00
Kita masih perlu menyelidiki 2 hal :
- Berapakah value posisi maksimal slider bar ?
- bagaimana dinamika pergerakan Posisi Pangya Impact ?
Posisi Pangya Impact adalah value yg paling penting, yg merupakan kunci untuk always pangya nantinya... ;>
...
Sekarang kita akan mencari tahu, berapa value posisi maksimal slider bar...
Untuk itu, perhatikan gambar berikut :
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
Dengan menggunakan power caliper, aku menggesernya sampai batas paling kanan dalam slider bar. Dan, didapatkan bahwa: Cliper Position = 500,00 (lihat tabel)...
Berarti bisa disimpulkan bahwa: Value maksimal posisi slider = 500,00
Cukup simple, khan ? ^^
Bagaimanapun, jangan rancu dg contoh gambar. Value yg disimpan pada memory tidak sama dengan value yg terlihat dilayar. Kedua jenis value ini diproses dengan cara berbeda untuk tujuan yg berbeda pula, walaupun ada hubungan yg sangat erat diantara keduanya...
...
Sekarang mari kita selidiki bagaimana dinamika posisi Pangya Impact, perhatikan 2 gambar berikut :
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
( phew... dibutuhkan sampai 6x shoot untuk mem-parkir bola di tanah yg miring... ^^; )
Pada kedua gambar diatas, tampak jelas bahwa:
- Jika bola berada pada permukaan yg miring kekanan, maka posisi Pangya Impact akan bergeser ke kiri, dan value posisi Pangya Impact akan berkurang...
(contoh value dalam gambar = 132,00) - Jika bola berada pada permukaan yg miring kekiri, maka posisi Pangya Impact akan bergeser ke kanan, dan value posisi Pangya Impact akan bertambah...
(contoh value dalam gambar = 147,00)
Pada akhirnya... Gabungan akhir dari kesimpulan kita:
http://anonym.to/?http://./?imageshack.us
Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita tentang konsep dasar dari sistem slider bar. Pemahaman yg cukup pada bahasan ini sangat diperlukan untuk melangkah lebih lanjut ke pencarian cheat always pangya...- value minimal slider bar = 105,00
- value maksimal slider bar = 500,00
- value posisi Pangya Impact ketika tanah datar = 140,00
- value posisi Pangya Impact ketika tanah miring kekanan = kurang dari 140,00
- value posisi Pangya Impact ketika tanah miring kekiri = lebih dari 140,00
- value panjang slider bar = 360,00
- value panjang tiap ruas slider bar = 36,00
Selanjutnya,di pembahasan berikutnya, kita akan menyelidiki dinamika value" penting kita, pada saat char kita melakukan pukulan... Ini akan sangat menarik !
C u there !..